browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

PANDUAN BEPERGIAN KE SINGAPURA PERTAMA KALI

Posted by on May 30, 2013

PANDUAN KE SINGAPURA PERTAMA KALI

 Ditulis oleh: Herly Evanuarini, S.Pt., MP

            Singapura merupakan tujuan wisata luar negeri yang menarik untuk dimasukkan ke dalam list liburan kita. Singapura adalah surga belanja, kuliner, dan tempat berpadunya berbagai budaya (Melayu, China, dan India). Merupakan keputusan terbaik jika anda sekeluarga memutuskan bepergian ke Singapura.

            Ada banyak tujuan wisata yang bisa dikunjungi selama di Singapura. Anda bisa membahagiakan putra-putri anda dengan mengunjungi Sentosa Island yang di dalamnya terdapat Universal Studio Singapore (USS) dengan wahana yang spektakuler, Singapore Flyer (Raffles Ave), Marina Bay Sand dan Gardens by the Bay, Esplanade, Merlion Park, Fullerton Hotel (Hotel yang sangat artistik dan bagus), Singapore Botanic Garden, Singapore Art Museum dan nirwana belanja dari yang eksklusif hingga three for ten (3 untuk 10 dolar Singapura).

            Bepergian ke Singapura pertama kali, terkadang menimbulkan ketakutan  akankah kita sekeluarga bisa melakukannya, apakah tidak tersasar atau hilang di kota ini. Jangan khawatir, jika anda masih memiliki keraguan seperti itu adalah wajar. Namun perasaan tersebut nanti akan hilang ketika anda sekeluarga menginjakkan kaki pertama kali di Singapura. Singapura adalah kota kecil yang sangat bersih, tertib, dan sangat tertata, semua infrastruktur telah dikonsep dengan rapi sehingga semua orang yang berkunjung ke Singapura merasa sangat nyaman. Jangan takut jika anda tidak begitu mahir dalam berbahasa Inggris, karena banyak orang yang bisa berbahasa Melayu, Indonesia. Di Bandara, Hotel, tempat-tempat wisata, mall kita akan dikagetkan karena kasir, resepsionis, dan saat check in bisa dilayani dengan bahasa melayu.

            Berikut ini saya akan berbagi tentang hal yang harus dipersiapkan ketika anda berkunjung ke Singapura.

  • Singapura adalah kota yang sangat tertib karena Singapura memiliki aturan yang sangat ketat (kota penuh denda hehehe). Jika ingin bepergian dengan anak-anak diatas 5 tahun selalu dampingi mereka dan ingatkan agar tidak membuang tisu atau sampah sembarangan atau meludah sembarangan karena dendanya sangat tinggi yaitu sekitar 1.000 Dollar Singapura (8  Juta Rupiah). Kesadaran inilah yang membuat Singapura begitu bersih dan rapi. Petugas-petugas pendenda jangan dibayangkan seperti polisi dengan seragam, tapi mereka berpakaian seperti kita-kita.
  • Jalan-jalan di Singapura banyak kita temui mobil-mobil mewah seperti Ferrari, Lamborghini, Porsche, Mercedes benz, Jaguar, Tesla roadster, Camaro, Audi, dll. Taksi disana sangat nyaman dengan mengguna armada Toyota Altis. Pengendara disana sangat menghormati pejalan kaki. Anda akan terkaget-kaget dan kagum karena begitu pengendara melihat pejalan kaki akan menyeberang, mereka akan berhenti (meskipun tidak ada traffic light), ehm benar benar sangat santun dalam berkendara.
  • Cara menyeberang jalan di Singapura. Di Singapura semua pejalan kaki harus menyeberang jalan di jembatan penyeberangan atau di zebra cross. Ada lampu lalu lintas khusus pejalan kaki(merah dan hijau dengan countdown) yang akan memandu kita. Jika lampu menyala merah jangan menyebrang terlebih dahulu, jika lampu berwarna hijau menyala segera menyebrang, namun jika lampu hijau sudah berkedip-kedip menunjukkan bahwa waktu tinggal menunjukkan 10 detik lagi, maka tunggu saja lampu hijau berikutnya. Jika tidak ada zebra cross maka jangan menyebrang, namun jika ada penduduk lokal yang melakukannya silahkan anda mengikutinya.
  • Ketika berada di Mall/MRT pasti akan menjumpai eskalator, posisikan untuk selalu berada di sebelah kiri karena disebelah kanan biasanya untuk orang yang terburu-buru dan menaiki eskalator secara cepat. Pastikan putra-putri anda untuk berpegangan dan tidak bercanda pada saat di eskalator dan mengambil posisi sebelah kiri yaa.

 Panduan naik MRT (Mass Rapid Transportation) di Singapura.

            Transportasi yang banyak digunakan di Singapura adalah MRT, MRT merupakan kereta api bawah tanah yang cepat,sangat nyaman, tepat waktu, efisien, dan murah tentunya. Jangan khawatir salah arah karena dimana-mana terletak peta (MRT System Map). MRT beroperasi dari jam 6 pagi sampai jam 11 malam. Yang diperlukan adalah perhatikan warna linenya. MRT ini menghubungkan dari stasiun ke stasiun. Jika ingin pindah kereta tinggal turun di interchangenya. Kemudian anda bisa pindah-pindah kereta lagi tidak usah bayar. Anda hanya membayar hingga stasiun tujuan saja. Jika terlewat anda tinggal naik kereta sebaliknya gratis.

Cara naik MRT membeli standard tiket (sekali jalan).

  • Ketika sampai stasiun, misal hotel anda dekat dengan Clarke Quay bisa naik dari Clarke Quay Station (NE5).
  • Cari mesin tiket (besar seperti ATM). Cara menggunakannya adalah sebagai berikut :
  1. Di layar sebelah kiri bawah anda terdapat menu select option. Pilih beli standard tiket.
  2. Kemudian pilih stasiun yang akan dituju, disebelah kanan ada map (peta MRT), pilih dengan menekan lingkaran stasiun tujuan kita.
  3. Kembali ke menu sebelah kiri, tentukan jumlah tiket yang ingin dibeli, misalnya 4 orang.
  4. Keluar nominal yang harus dibayar.
  5. Masukkan uang disebelah kanan atas, untuk uang logam ada lubang vertikal kecil,untuk uang kertas ada lubang horizontal disebelah kanannya.
  6. Tiket dan uang kembalian akan keluar di lubang bagian bawah mesin tiket.
  7. Setelah itu masuk ke dalam pintu gerbang pendek (sepinggang) untuk 1 orang dan cari yang ada lampu hijaunya.
  8. Deketkan / tempelkan tiket di tempat yang ada gambar kartunya sampai ada bunyi tut dan selanjutnya cari petunjuk ke arah jalur kereta tujuan kita.

Tiket standard ini dapat di re use (digunakan kembali) sampai 6 kali dan mendapatkan 10 cent diskon. Jadi seandainya anda ingin melakukan perjalanan kembali esok harinya, gunakan standard tiket ini kembali caranya tinggal taruh tiket ini di atas layar monitor yang ada gambar standard tiketnya kemudian anda tinggal pilih menu dan tujuan kemudian membayarnya di tempat memasukkan uang dan tunggu saat processing dan tulisan selesai. Kemudian standard tiket itu dapat digunakan kembali untuk naik MRT ke stasiun tujuan.

Yang perlu diperhatikan adalah kita tidak bisa keluar di stasiun yang bukan tujuan kita. Misal tujuan anda adalah Harbour Front, tiket saudara hanya bisa keluar di Harbour Front, jangan coba-coba keluar di stasiun lain karena anda memaksa  bisa didenda.

Jalur-jalur MRT berwarna-warni ada jalur ungu (North East line) atau jalur kuning (circle line), jalur hijau (east west line). Jangan khawatir peta jaringan MRT sangat mudah dipahami sehingga memudahkan untuk berkunjung ke seluruh tempat objek wisata favorit anda. Perhatikan dilayar akan ada  next station dan anda bisa waspada agar stasiun anda tidak terlewati. Mudah dan simple serta murah, anda akan terkenang naik MRT ini. Semoga segera terealisasi di Indonesia yaa… Amin..

UNIVERSAL STUDIOS SINGAPORE (USS)

            Anda mengajak putra-putri anda ke Singapura? Jangan lupa untuk mengunjungi USS yang terletak di Resort World Sentosa, Sentosa Island. Taman rekreasi dengan wahana spektakuler. Universal Studio lain berada di Amerika Serikat dan Jepang. Luas Universal Studio ini sekitar 20 hektar dan ada beragam atraksi dan tempat bermain serta 7 zona yang berbeda (New York, Sci-fi City, Ancient Egypt, The Lost World, Far- Far Away, Madagascar dan Hollywood).

            “A Million Moments On World” sangat pas untuk menggambarkan Universal Studio. Siapkan kaki dan nyali anda untuk mengelilingi wahana-wahana di USS. USS buka mulai jam 10.00 dan tutup pada jam 19.00. Untuk musim liburan (peak season) tutup sampai jam 9 malam.

            Sangat dianjurkan

–          Untuk memesan tiket dari Indonesia (karena lebih murah dan mendapatkan  refund (pengembalian) berupa voucher 10 dollar Sing untuk pembelian merchandise di USS.Yang memperoleh refund hanya untuk tiket dewasa(Adult) saja.

–          Tiketnya nanti di print dan hanya berlaku pada tanggal yang sesuai dengan yang di print (perhatikan valid only on…)

–          Tiket berupa print-print an ini berlaku untuk masuk kemana-mana nanti saat masuk tinggal di scan sebelum masuk ke park (di gerbang) setelah globe Universal.

–          Harga tiket

Harga tiket sangat fluktuatif tergantung pada hari dan musim libur. Saat liburan anak-anak atau hari libur harganya akan naik. (Harga per tanggal 7 Mei 2013dalam dolar Singapura)

 

Dewasa (13-59 tahun)

Anak-anak (4-12 tahun)

Orang tua (>60 tahun)

Tiket masuk 1 hari

74

54

36

Tiket masuk 2 hari

118

88

58

Universal Express

30/50

30/50

30/50

 

One Day Pass             = Tiket masuk 1 hari penuh

Two Day Pass             = Tiket masuk 2 hari berturut-turut

Universal Express       = Tiket ekspress tambahan biar tidak antri di wahana. 30 Dollar Singapura untuk off peak season, 50 Dollar Singapura untuk Peak Season. Dengan tiket ekspres ini anda tidak perlu mengantri masuk ke berbagai atraksi seperti Monster Rock, Lights, Camera Action Hosten by Steven Spielberg, Transformers the Ride = 3D Battle, Battle Star Galactica, Revenge of the Mummy, Tressure Hunters, Jurrasic Park Rapid Adventure, Canopy Flyer, Water World, Dinosoarin, Shrek 4D Adventure, Donkey Live, dll.

–          Kalau membeli online akan mendapat diskon 10-15% tergantung kartu kredit yang digunakan.

–          Bagi yang sering ke USS bisa membeli tiket annual pass.

Anjuran Mengunjungi USS

  1. Kunjungi USS saat “bukan liburan” (saat liburan sangat ramai seperti bulan Juni-Juli atau Desember- Februari pada saat liburan sekolah dan pergantian tahun). Atau saat bukan tanggal merah, hari Senin-Kamis sangat disarankan.
  2. Siapkan payung, topi, minum, mantel (ponco tipis), sepatu kets atau flat (jangan high heels karena tujuan anda bukan untuk fashion show), pakailah baju yang nyaman dan menyerap keringat. Mantel (ponco tipis) supaya tidak basah saat masuk ke Jurassic park Rapids Adventures yang sangat-sangat basah (harga mantel disana 4 dollar).
  3. Untuk makanan banyak restaurant di setiap sudut dan wahana. Untuk muslim bisa membeli makanan chicken fried rice, dan beberapa menu lain yang halal, semua ada gambar masakannya lengkap dengan harganya. Food Courtnya sangat ramai terkadang kita tidak mendapatkan meja, sangat disarankan bagi Bapak-bapak pesan, ibu-ibu dan anak-anak hunting meja.
  4. Untuk urusan minum di Singapura jangan takut kehausan, di setiap rest area disetiap wahana ada air minum dari kran gratis siap minum dan anda bisa mengisi botol-botol kosong air minum anda. Di Singapura harga aqua sangat mahal, untuk berhemat anda bisa mengisi botol-botol kosong anda melalui kran-kran ini(tidak perlu malu).
  5. Jika anda membawa ananda dibawah 3 tahun bisa menyewa troller disana, namun sangat mahal, bawalah troller dari Indonesia yang praktis(bisa dilipat) agar acara jalan-jalan ananda nyaman, jangan lupa bawa peralatan “perang” buat adik batita (dot, mainan, kaos kaki, susu, biskuit, diapers, tisu basah, gendongan, dan sepatu).
  6. Saat ada panggilan alami (Harus BAK,BAB), ajari putra putri anda  sejak di Indonesia karena toilet di Singapura sangat bersih dan kering (tidak ada air untuk bilas). Sedangkan kita di Indonesia harus bilas. Klosetnya adalah kloset duduk dan ada sensor untuk mengguyur. Jika sudah terbiasa membilas pakai air, gunakan tisue basah untuk membersihkan. Tidak diperkenankan jongkok di kloset, pertama bersihkan dudukan kloset dengan cairan yang ada dengan tisue atau lapisi tempat duduk dengan tisue. Buang tisue di kloset (tisue akan hancur) dan buang pembalut atau pantyliner di tempat sampah, buka tempat sampah dengan menginjak.
  7. Jadwal live show, ambil digerbang masuk agar tidak ketinggalan datang 15 menit sebelumnya.
  8. Jika naik roller coaster, Jurasic Rapid Adventure, Revenge of the mummy, anda wajib menyimpan barang-barang seperti Handphone, dompet di safe deposit box. Selipkan uang 20 dollar di saku untuk membuka safe deposit box jika telah lewat masa gratisnya.

Transportasi Menuju USS

Transportasi paling mudah dengan menggunakan MRT, Silahkan menggunakan kereta jalur North East Line (jalur ungu) atau circle line (jalur kuning) dan turun di stasiun MRT NE1/CC29 Harbour Front. Setelah turun dari MRT di Harbour Front silahkan ke VIVO City. Dari Vivo City ada 3 opsi.

  1. Jika mau jalan kaki ke Sentosa Island bisa lewat Broadwalk (tidak disarankan karena jauh). Cari pintu keluar vivo city yang pintunya menghadap ke laut, lewat jalanan dari kayu yang ada kanopinya.
  2. Naik bis di depan Vivo City, 3 dollar naik bis RWS 8.
  3. Naik monorel Sentosa Express di Vivo City lantai 3 (paling atas). Sangat disarankan agar tidak capek.

Tiket masuk Sentosa Island 1 dollar, naik monorel 4 dollar (1 dollar untuk tiket masuk Sentosa island, 3 dollar monorelnya). Untuk naik monorel caranya hampir sama dengan naik MRT.

ATTRACTION HIGHLIGHTS

Beberapa atraksi yang sangat menarik dan berkesan (pasti antri panjang kalau tidak pagi-pagi dan sangat sensasional).

  1. Transformers The Ride = The Ultimate 3D Battle yang berlokasi di zona Sci-Fi City.

Siap-siap pengalaman yang menegangkan dengan Transformers. Anda akan diajak masuk ke dalam petualangan Transformer dengan mengendarai mobil dan menggunakan 3D. Sangat bagus apalagi jika duduk di depan. Wow sekali. Putra putri anda pasti ingin masuk, antri dan antri lagi.

Attraksi ini sangat spektakuler, sangat keren,penuh sensasi.Anda akan ikut dibawa petualangan pertempuran bersama Optimus Prime melawan robot, jatuh dari gedung bertingkat, disedot pusaran angin, terkena puing puing, percikan api dan ledakan.

 

  1. Battlestar Galactica Cylon and Human.

Anda akan naik Roller Coaster dibolak balik dengan kecepatan 83 Km/jam. Kalau tidak kuat jangan naik deh. Karena Battlestar Galactica adalah High Speed Turbulent Roller Coaster dengan akselerasi yang sangat dramatic. Hanya disarankan bagi yang sehat dan berpengalaman dengan atraksi ini (kalau anak kecil, dan punya riwayat jantung melihat saja yaa, dan dengarkan jeritan orang-orang yang naik… hehehe)

  1. Setelah Scifi City, masuk ke Ancient Egypt, masuklah di atraksi Revenge of The Mummy.

Naik roller Coaster di kondisi gelap, tiba-tiba mundur ke belakang dan maju! Jatuh di kegelapan, naik dan turun lagi! Jangan sampai terlewatkan yaa!

  1. Tressure hunter à masih di Egypt. Atraksi naik jip lewat gunung-gunung mesir untuk mencari harta karun. Kita bisa menyetir jip sendiri. Patung patung Mesirnya juga tinggi tingi dan bagus, yang hoby foto siapkan camera, tab, bb nya .
  2. Di zona Lost World  disarankan untuk masuk ke Jurassic Park Rapid Adventure. Anda akan basah di area ini, gunakan ponco biar baju dan sepatu anda tidak basah.
  3. Canopy Flyer dan Dino Soarin. Di Zona ini saat jam menujukkan pukul 12.30 sangat disarankan masuk water world yang menyuguhkan pembuatan film yang sangat sensasional, jangan duduk di barisan depan karena akan disiram air oleh pemain. Bagus sekali dan sangat recomend untuk antri di water world.
  4. Zona Far Far Away, sangat disarankan untuk melihat atraksi Shrek 4-D Adventure dengan kacamata 4D, anda seperti melihat bioskop tapi sebelum memasuki bioskop, pendahuluannya agak lama. Lucu, kita bisa merasakan angin, di bersinin keledai dll
  5. Donkey Live à wahana komedi, ada jam-jam tertentu(setiap setengah jam).
  6. Zona Madagascar. Masuklah di Madagascar a Crate Adventure à dengan naik boat pelan-pelan anda saksikan alex, marthy, dan Gloria (tokoh dalam kartun Madagascar, ada kejutan di akhir petualangan ini. Anak-anak akan senang sekali.
  7. Zona Hollywood dan New York. Akan ada present dari street dance dengan beat tarian jumpalitan nya. Zona ini dibangun dengan style Broadway zaman dulu. Anda bisa bertemu dengan Marilyne Monroe dan bisa berfoto bersamanya secara gratis di Legendary Hollywood Boulevard. Ada karakter tokoh Sesame Street yang berkeliaran di jalanan, Poo dari Kungfu Panda dan ada mobil-mobil zaman dulu yang bagus-bagus. Untuk yang hobi berfoto,foto aja sampai banyak he he.

Pokoknya jangan lupa ambil  jadwal live show di gerbang depan, kemudian lingkari yang ingin di kunjungi ya…

Beberapa karakter yang bisa kita berfoto bersama(gratis) adalah:

  1. Sesame Street meet and greet à di zona New York.
  2. Autobots, Optimus Prime, dan Bumble Bee di Sci-fi City.
  3. Shrek, Princess Viona di Far Far Away.

Setelah puas di USS, masih di Sentosa Island pada pukul 7.40 dan 8.40 PM ada pertunjukan “Song of The Sea” permainan laser  dengan tiket 10 dollar.

KELILINGI SINGAPORE DENGAN ORIGINAL SINGAPORE DUCK TOURS (HOP ON-HOP OFF CITY SIGHT SEEING)

Jika ingin menghemat waktu berkeliling Singapura ke tempat-tempat favorit gunakan Hop on-Hop Off. Bis yang akan membawa berkeliling Singapura. Ada 3 bis dengan tujuan berbeda kuning, merah, dan ungu.

Contoh Yellow City Route(kuning) :

–          Suntec

–          Singapore Flyer

–          Marina Bay Sand

–          Fullerton Hotel (Merlion Park)

–          Asian Civilization Museum

–          Peninsula Plaza

–          Clarke Quay

–          Miramar Hotel

–          Great World City

–          Tanglin Mall

–          Botanic Garden

–          Orchard Hotel & Plaza

–          Marriot Hotel

–          Singapore Art Museum

–          Raffles City & Hotel

Hop On – Hop Off adalah bis tingkat. Di tingkat 2 bis tidak ada tutupnya, tapi syaratnya jangan berdiri, nanti bisa kejedut ranting. Di bawah adem full AC.

Tiket Hop On – Hop Off : Dewasa= 33 dollar, anak-anak (3-12 th)=23 dollar, 0-3 tahun gratis

Anda bisa naik turun bis ini untuk mengunjungi obyek wisata diatas dan setiap 10 menit bis lewat, anda silakan naik turun bis ini gratis dengan menunjukkan struk/tiket ke supir.

Tempat pembelian tiket bisa di tourist information Duck and Hippo :

–          Suntec City (Galleria Hotel level 1)

–          Chinatown Heritage Center

–          Orchard Midpoint (Foyer level 1)

–          Centarl @Clarke Quay (Next to Hooters)

–          Harbour Front

–          Singapore Flyer

–          Changi Airport Terminal 2 & 3 (Hall Kedatangan)

  • Melihat dan naik Singapore Flyer tiketnya 33 dollar Singapura untuk dewasa, anak-anak 21 dollar (bisa melihat sebagian Indonesia dan Malaysia lhoo)
  • Marina Bay Sand
  • Fullerton Hotel à ke arah Merlion Park
  • Esplanade
  • Cavenagh Bridge (sungai Singapura)
  • Art Science Museum
  • Singapore Botanic Garden (free) jika masuk ke Orchid Garden membayar
  • Dari Merlion ke Marina Bay à jalan kaki via Helix Bridge
  • Singapore zoo, science center (membayar)

Bagi yang suka berfoto ria wajib mengunjungi tempat-tempat di atas yaa…

 

BELANJA DI SINGAPORE

            Singapura adalah surga belanja. Artis Indonesia dan kalangan menengah atas banyak yang berbelanja di Singapura karena barang-barangnya memang kualitas nomor 1. Dibandingkan dengan Thailand, Singapura tergolong mahal. Orchard Plaza akan memanjakan fashionable dan barang-barang mewah yang anda inginkan. Bagi yang menginginkan souvenir murah untuk buah tangan bisa mengunjungi China Town(paling murah), Little India, Bugis Street.

–          Ada figur Merlion 10 dollar/3 biji

–          Gantungan kunci à 1 set isi 6 = 2 dollar.

–          kaca hias

–          patung mungil merlion dalam kemasan kotak

–          magnet kulkas

–          gunting kuku

–          Tas

–          Parfum perkotak isi 5 = 20 dollar

–          Kaos Singapura.

Banyak sekali 3 biji 10 dollar. (Magnet dan gunting kuku, parfum masukkan ke koper bagasi). Pandailah menawar dan mintalah bonus kalau anda membeli banyak.

            Di China Town kulinernya sangat menggiurkan, namun bagi muslim harus dilihat dulu yaa.. Masakan Chineese Food benar-benar luar biasa. Di sini ada kuil Sri Mariaman dan lepas alas kaki jikalau mau masuk.

            Di Little India ada Mustafa center bagi penggemar coklat. Little India Arcade adalah pusat pernak pernik India, baju dan kerajinan yang ciamik. Untuk menuju sana naik MRT turun Little India keluar Exit C. Jika ke Mustafa Center turun di stasiun Farrer Park

 

TIPS BEPERGIAN KE LUAR NEGERI (SINGAPURA)

–          Browsing kebiasaan dan Culture negara tujuan

–          Bawalah mata uang negara setempat secukupnya

–          Foto kopi paspor dan surat-surat penting lain,  (paspor harus dibawa saat jalan-jalan)

–          Bawalah pas foto(seandainya paspor anda hilang , harus buat paspor sementara,jd butuh foto)

–          Jangan membawa barang-barang yang membahayakan karena bandara Changi sangat ketat (cairan, lotion, masukkan di bagasi)

–          Terminal 3 Changi untuk pesawat Garuda Indonesia

–          Terminal 1 changi untuk Value Air (Jetstar) dan Lion Air

–          Terminal 2  Changi untuk Sriwijaya Air

–          Bawalah Tisue basah untuk ke toilet dan antis (cuci tangan instan)

–          Jangan bawa baju banyak-banyak karena koper akan berat padahal saat pulang koper anda akan ‘beranak”.

–          Pakai sepatu kets, flat (tanpa hak), payung, topi, tas jalan-jalan.

–          Buat perencanaan (Itinerary) selama di Singapore, berapa hari,  berapa malam, reservasi hotel, tiket pesawat pp, obyek wisata yang akan dikunjungi (sesuaikan budget) .

–          Pilih hotel yang nyaman dekat dengan MRT station dan pusat belanja.

–          Saat sampai di bandara Changi, ambil brosur, peta Singapura (free)

–          Saat di Imigrasi antri tertib jika anda membawa putra-putri, maju 1 dewasa + 1 anak.

Selamat merencanakan liburan yang menyenangkan, semoga bermanfaat….

 

Dedicated to :

–          Papa Jarot Rustanto (Thanks for Amazing Tripnya)

–          Kevin Fernanda Hafidz

–          Krisna Rafi Adinata

–          Farel Darmawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*