browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Teknologi Telur

Posted by on February 2, 2012

PENGAWETAN TELUR DAN

PENGUJIAN KUALITAS TELUR

 

Pengawetan merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk memperpanjang lama simpan dari telurĀ  supaya telur tersebut tidak rusak baik secara kuantitas maupun secara kualitas. Berdasarkan tingkat umurnya telur dibedakan menjadi 2 yaitu telur segar dan telur tidak segar. Telur segar secara biologis adalah telur yang baru keluar dari tubuh induknya. Seiring dengan waktu penyimpanan telur tersebut akan mengalami penurunan kualitasnya.

Kualitas telur dibedakan menjadi 2 yaitu kualitas internal dan kualitas eksternal. Kualitas internal meliputi hal-hal yang menyangkut keadaan isi telur sedangkan kualitas eksternal meliputi penampakan luar telur saat telur masih utuh.

Penurunan kualitas telur dapat dicegah melalui proses pengawetan. Proses pengawetan yang umumnya dilakukan adalah pengawetan dengan cangkang (contoh : Cool storage, shell sealing)atau pengawetan tanpa cangkang (contoh : telur bubuk).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*